Tempat Pariwisata Di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa tempat pariwisata di Indonesia dalam perkembangan dewasa ini telah menjadi salah satu titik focus yang dilakukan oleh pemerintah karena sector pariwisata memiliki andil yang sangat signifikan dalam pembangunan perekonomian baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun nasional. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2008 sektor pariwisata berada pada peringkat ketiga penyumbang devisa terbesar dengan menghasilkan 7,37 dolar AS yang diperoleh dari kedatangan 6,4 juta wisatawan mancanegara.

Berkaitan dengan hal itu, maka tidak salah kalau dewasa ini berbagai daerah, pemerintah berusaha menggali dan mengembangkan berbagai potensi yang dapat memacu bidang kepariwisataan. Terkait dengan hal tersebut disebutkan bahwa dalam rencana pembangunan jangka panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025, arah pembangunan kepariwisataan nasional tahun 2005-2025 dikembangkan agar mampu mendorong kegiatan ekonomi dan meningkatkan citra Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat local, serta memberikan perluasan kesempatan kerja.

Pengembangan kepariwisataan memanfaatkan keragaman pesona keindahan alam, dan potensi nasional sebagai wilayah wisata bahari terluas di dunia secara arif dan berkelanjutan, serta mendorong kegiatan ekonomi yang terkait dengan pengembangan budaya bangsa.

Untuk lebih meningkatkan potensi parawisata yang selama ini hanya terbatas pada objek-objek tertentu, perlu dilakukan penggalian dan pengembangan berbagai potensi yang ada, baik yang terkait dengan potensi alam, budaya, maupun masyarakat dengan berbagai kekhasan yag ada, sehingga multi efek dari kepariwisataan yang selama ini hanya terpaku pada satu aspek dapat dikembangkan secara lebih terpadu.

About these ads